Media Sosial


Media Sosial adalah saluran komunikasi online yang didedikasikan untuk berinteraksi, untuk berbagi, dan berkolaborasi ke orang ataupun masyarakat. 

Situs Web dan aplikasi seperti forum, microblogging, jaringan sosial, bookmark sosial, dan wiki adalah salah satu jenis Media Sosial. 

Berikut adalah beberapa contoh Media Sosial yang sering di gunakan :


1. Facebook
Facebook adalah situs jejaring sosial yang populer dan gratis yang memungkinkan pengguna terdaftar untuk membuat profil, upload foto dan video, mengirim pesan dan berhubungan dengan teman-teman, dan keluarga. Menurut statistik dari Grup Nielsen, pengguna internet di Amerika Serikat menghabiskan lebih banyak waktu di Facebook daripada website lain.




2. Twitter
Twitter adalah layanan media sosial gratis yang memungkinkan anggota terdaftar untuk menyiarkan tulisan pendek yang disebut tweets. anggota twitter dapat menyiarkan tweet dan mengikuti tweets pengguna lain dengan menggunakan berbagai platform dan perangkat.




3. Google+
Google+ (Google plus) adalah proyek jejaring sosial Google, yang didesain untuk meniru cara orang berinteraksi secara offline lebih dekat daripada yang terjadi di layanan jejaring sosial lainnya. Slogan proyek ini adalah "berbagi pikirkan di kehidupan nyata  untuk web."




4. Wikipedia
Wikipedia adalah Media Sosial gratis, ensiklopedia terbuka konten online yang dibuat melalui upaya kolaboratif dari komunitas pengguna yang dikenal sebagai Wikipediawan. Siapapun yang terdaftar di situs dapat membuat sebuah artikel untuk di publikasi. pendaftaran akun tidak diperlukan untuk mengedit artikel. Wikipedia didirikan pada bulan Januari 2001.


 
5. LinkedIn
LinkedIn adalah sebuah media sosial network yang di khususkan untuk para pelaku bisnis dan pengusaha, dengan LinkedIn user dapat membuat sebuah profil online baik untuk profil perusahaan maupun profil pribadi. LinkedIn juga membuat berbagai perusahaan terkoneksi menjadi sebuah jaringan untuk bertukar informasi bisnis dan tanya jawab seputar bisnis.


 
6. Reddit
Reddit adalah sebuah situs berita sosial dan forum di mana cerita secara sosial di publikasikan dan dipromosikan oleh anggota situs. Situs ini terdiri dari ratusan sub-komunitas, yang dikenal sebagai "subreddits." Setiap subreddit memiliki topik tertentu seperti teknologi, politik atau musik. Anggota situs Reddit, juga dikenal sebagai, "redditors," mengirimkan konten yang kemudian divoting oleh anggota lain. Tujuannya adalah untuk mengirim cerita yang dianggap baik lalu diposting ke halaman utama situs.


7. Pintrest
Pinterest adalah situs Media sosial untuk berbagi dan mengkategorikan gambar yang ditemukan secara online. Pinterest membutuhkan deskripsi singkat tapi fokus utama dari situs ini adalah visual. Mengklik gambar akan membawa Anda ke sumber aslinya, jadi, misalnya, jika Anda klik pada gambar sepasang sepatu, Anda mungkin akan dibawa ke sebuah situs di mana Anda dapat membeli mereka. Gambar dari blueberry pancake mungkin membawa Anda ke resep, gambar dari sangkar burung mungkin membawa Anda ke Cara Pembuatannya.



Brian Solis menciptakan grafik media sosial berikut, yang dikenal sebagai prisma percakapan, untuk mengkategorikan situs dan layanan sosial ke dalam berbagai jenis media sosial. (Lihat gambar yang lebih besar)

Sosial media menjadi bagian integral dari kehidupan online sebagai situs sosial dan aplikasi Yang terupdate. Kebanyakan media online tradisional termasuk komponen sosial, seperti bidang komentar untuk pengguna. Dalam bisnis, media sosial digunakan untuk memasarkan produk, mempromosikan merek, yang terhubung ke pelanggan dan menumbuhkan bisnis baru.analisis media sosial adalah praktek pengumpulan data dari blog dan social media, website  menganalisis data untuk membuat keputusan bisnis. Penggunaan paling umum dari analisis media sosial adalah untuk menambang sentimen pelanggan untuk mendukung kegiatan pemasaran dan layanan pelanggan.

Sosial Media Marketing
(SMM) mengambil keuntungan dari jaringan sosial untuk membantu peningkatan perusahaan untuk mengekspos merek dan memperluas jangkauan pelanggan. Tujuannya biasanya untuk membuat konten yang cukup menarik bahwa pengguna akan berbagi dengan jaringan sosial mereka.Salah satu komponen kunci dari SMM adalah sosial media optimasi (SMO) Atau Search Enggine Optimization. Seperti mesin pencari optimasi (SEO), SMO adalah strategi untuk menarik pengunjung baru ke sebuah website. SMO dapat dilakukan dengan dua cara: dengan menambahkan link media sosial untuk isi seperti RSS feed dan tombol berbagi, atau dengan mempromosikan kegiatan melalui media sosial melalui update status, tweets, atau posting blog.


 Sumber :
- Google Source Image
- http://whatis.techtarget.com/definition/social-media

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.